Tak Kenal Maka Tak …

Beberapa saat setelah saya posting “Kalau Sudah Cinta, Apa sih yang Jadi Tanya?” ada teman bertanya tentang bagaimana agar rasa cinta pada Allah bisa hadir dan tumbuh dalam diri. Alhamdulillah, pertanyaan itu termasuk bagian yang saya tanyakan pada ustadz saya di obrolan itu.

Maka jawabannya adalah tafsir atas peribahasa “tak kenal maka tak sayang.” Banyak di antara kita pernah dan bahkan sering mendengar peribahasa ini. Bahkan dalam suatu petikan ceramah KH. Zainuddin MZ (rahimahullah) memanjangkannya menjadi begini:

Tak kenal maka tak sayang
Tak sayang maka tak cinta
Kalau tidak cinta, maka bagaimana berharap mau berkorban?

Berkorban karena cinta
Cinta karena sayang
Sayang karena kenal

Begitulah pula kepada Allah SWT. Mengenal Dia (ma’rifatullah) adalah pangkal atas hadirnya rasa cinta padaNya.

Bagaimana agar bisa kenal? Di mana kenalannya?

Walillaahil asmaa-ul husna, fad’uuhu bihaa. Bagi Allah-lah asmaul husna, maka berdoalah dengan asmaul husna itu. Itu Firman Allah dalam Qur’an.

99 asmaul husna (nama-nama Allah yang Indah) bisa jadi salah satu cara untuk mengenal Dia. Belajarlah, dan renungilah makna-makna arrahmaan, arrahiim, al-qudduus, al-‘aziiz dan sebagainya.

Gimana cara belajarnya? Nah kan nanya lagi… hehe. Untung saya juga udah nanya gitu kemarin. ;p

Yang utama cari guru, tentu saja. Guru yang bisa membimbing kita memahami makna asmaul husna. Di samping boleh-boleh saya baca-baca buku yang membahas makna asmaul husna. Waktu itu, ustadz saya ini merekomendasi salah satunya buku “asmaul husna” karya al-Ghazali.

Wah… saya juga punya sih buku itu, pernah baca sih… tapi suer tadz, ngga ngerti, rada mumet ya bahasanya…

Si ustadz bilang: “Ngga perlu baca pengantarnya, memang agak rumit, langsung aja ke bagian makna-maknanya.”

Begitulah brad-sist, jika sekarang sedang bikin agenda tahun 2014, ajak saya untuk bersama belajar asmaul husna. Saya mau mengenal Dia. Saya mau cinta hati ini hanya pada-Nya.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s