Perbanyaklah 4 Hal di Bulan Ramadhan…

Ada sebuah hadits yang panjang yang meriwayatkan semacam pidato sambutan Rasulullah SAW saat akan memasuki bulan Ramadhan. Pidato ini berisi berbagai keutamaan bulan Ramadhan, dan fadhilah berbagai amalan di dalamnya.

Pidato sambutan yang diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah ini, kemudian ditutup dengan pesan eksplisit bahwa ada empat hal yang harus diperbanyak untuk dilakukan di bulan Ramadhan. Dua hal yang akan mendatangkan keridhaan Allah, dan yang dua lagi adalah yang memang benar-benar kita membutuhkannya.

Empat hal tersebut adalah bersyahadah, beristighfar, memohon surga dan berlindung dari api neraka.

Bersyahadah
Syahadah adalah ikrar ketauhidan yang menyatakan penolakan kita pada semua ilah, kecuali hanya Allah saja. Syahadah juga adalah komitmen untuk mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW.

Setiap muslim yang sudah bersyahadah, dalam perjalanan hidupnya boleh jadi melakukan ucapan atau tindakan yang bisa merusak ketauhidan. Kalau kita mau jujur, apa-apa yang ada di sekeliling kita yang berupa tontonan, obrolan, bacaan, lebih banyak mengajak kepada kekotoran aqidah dan kemusyrikan. Maka di Ramadhan ini, marilah kita membersihkan tauhid itu dengan meneguhkan komitmen untuk selalu berada dalam kalimah syahadah: laa ilaaha illallah, sampai akhir hayat kita. Apapun yang akan terjadi pada diri kita di masa datang, jangan sampai syahadah lepas dari genggaman.

Beristighfar
Istighfar adalah kalimat permohonan ampun kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang kita lakukan.

Beristighfar dengan yang sederhana dengan ucapan astaghfirullahal’azhim, sampai kepada tingkatan sayyidul istighfar (rajanya istighfar) berupa kalimat doa ma’tsur yang cukup panjang.

Di bulan Ramadhan, terkhusus di waktu sahur, beristighfarlah sebanyak-banyaknya karena target minimal kita selepas Ramadhan adalah diampuninya dosa-dosa.

Bermohon Surga
Bermohonlah agar kita dimasukkan Allah ke surga. Kita sadar bahwa amalan harian kita tidak akan mungkin menebus surga-Nya. Karenanya bermohonlah rahmat Allah, karena hanya dengan rahmat-Nya saja manusia dapat masuk ke surga Allah. Amal-amalan shalih kita, sebagus dan sebanyak apapun, tidak akan mampu membayar berbagai nikmat di dunia ini, apalagi untuk menjadi tiket surga.

Tiada tempat yang kita tuju selepas kehidupan dunia ini kecuali mahligai ridha Allah di surga-Nya. Karenanya memperbanyak memohon surga di bulan Ramadhan ini, menjadi hal yang harus kita lakukan, sebagaimana diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Berlindung dari Neraka
Na’udzubillahi min dzalik. Kita berlindung kepada Allah dari ancaman api neraka. Berdoalah pada Allah karena ancaman neraka itu begitu nyata dan benar adanya. Ya Allah… apa kuasa kami, terkena puntung rokok saja kami tidak tahan panasnya, apalagi neraka, ya Allah. Allahumma ajirna minannaar.

Itulah empat hal yang secara tegas diperintahkan Rasulullah SAW untuk diperbanyak di bulan Ramadhan. Semoga Allah SWT memberikan kekuatan kepada kita untuk mengoptimalkan bulan Ramadhan tahun ini agar meraih keridhaan-Nya. Selamat menjalankan ibadah Ramadhan 1432 H, mohon maaf lahir dan batin.#

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s