Jadikan Halal Sebagai Gaya Hidup

Ya, saya setuju. Halal memang bukan semata perkara makanan. Namun ia mencakup segala macam sisi kehidupan kita. Mari jadikan halal sebagai gaya hidup kita. Berikut sebuah liputan dari Republika hari ini.

Jumat, 17 Juni 2011 pukul 08:36:00

Jadikan Halal Sebagai Pola Hidup

 

Nashih Nashrullah

JAKARTA – Kesadaran masyarakat akan pentingnya halal harus terus ditingkatkan. Tak hanya menyangkut konsumsi produk halal, tapi juga menjadikan halal sebagai pola hidup.

“Penerapan halal sebagai pola hidup dapat memberikan manfaat, terutama peningkatan ekonomi,” kata Presidium Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia se-Indonesia (ICMI) Sugiharto, saat peluncuran Indonesia Halal Business and Food Expo (IHBF Expo) ke-2 di Jakarta, Kamis (16/6). Rencananya, IHBF ke-2 akan berlangsung pada 12-14 Agustus mendatang di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center (JCC).

Kegiatan ini, menurut Sugiharto, merupakan momen penting untuk memasyarakatkan sekaligus memasarkan produk halal. Indonesia memiliki potensi untuk menguasai pasar halal di dunia internasional. Saat ini, terdapat sekitar 1,8 miliar Muslim yang tersebar di 100 negara. Diprediksi komoditas halal di pasar global mencapai kurang lebih dua triliun dolar AS. “Kita merugi jika tak garap peluang ini.”

ICMI, kata Sugiharto, memberi dukungan penuh terhadap pemasyarakatan produk dan pola hidup halal. Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat semakin meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap produk halal. “Tidak hanya makan tapi pola hidup,” tegasnya.

Ketua panitia penyelenggara IHBF Expo 2011 Rida Ammarina mengatakan, pameran bertujuan memberikan sosialisasi dan edukasi tentang halal dan syariah. Guna mendukung pencapain tujuan itu, sejumlah talkshow tentang aspek syariah dalam produk halal bakal digelar. Begitu pula presentasi dan demonstrasi produk oleh produsen.

Rida mengatakan, IHBF Expo kali ini memiliki daya tarik tersendiri, salah satunya karena digelar bertepatan dengan bulan Ramadhan. Kondisi ini mendukung IHBF sebagai wahana berbelanja Ramadhan dan Lebaran. “Tentu saja, tanpa meninggalkan nuansa ibadah dengan menambah pengetahuan tentang halal dan syariah,” katanya.

Pameran ini, lanjut Rida, terselenggara atas dukungan sejumlah pihak. Di antaranya, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), ICMI, dan Yayasan Paramadina. Pemerintah juga memberi dukungan, dalam hal ini Kementerian Agama, Kementerian Pariwisata, dan Kementerian UMKM. ed: wachidah handasah

(-)

sumber: http://koran.republika.co.id/koran/14/137189/Jadikan_Halal_Sebagai_Pola_Hidup

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s