Self Positioning

Bismillahirrahmanirrahim…

Seperti biasa, perjalanan berangkat atau pulang kerja bersama istri, kami isi dengan berbincang-bincang. Kadang perbincangan ringan, namun sering pula perbincangan yang berbobot. Alhamdulillah, beberapa kali kami mendapatkan inspirasi dari obrolan di motor itu. Seperti misalnya sharing tentang STP dalam manajemen pemasaran yang saya dengar dari Pak Maman, saya sampaikan pula pada istri pada saat itu.

STP itu singkatan dari segmenting, targetting, positioning. Begitulah katanya kita harus merumuskan itu sebelum organisasi, atau perusahaan kita mau dijalankan.

Nah, dari obrolan di motor itu, kami akhirnya menemukan bahwa begitu pula diri kita masing-masing ‘mesti’ ditampilkan. Diri kita memang manusia. Diri kita memang muslim. Namun manusia muslim macam apa yang akan kita tampilkan di hadapan alam ini, sehingga alam mendapatkan manfaat bagi kita.

Lihatlah di sekitar kita, banyak orang-orang hebat, banyak orang-orang terkenal. Namun kalau dijelii, keterkenalan mereka hanyalah karena kehebatan mereka pada satu bidang saja. Tidak ada satu pun orang yang tahu semua hal: tidak mungkin. Jadi, kehebatan mereka adalah karena mereka fokus untuk menampilkan dirinya pada sedikit bidang kajian saja. Inilah yang namanya positioning.

Dari obrolan itu, kami lalu memutuskan seperti apa kami akan memposisikan diri disesuaikan dengan minat, kemampuan, amanah yang sekarang dipegang. Istri saya, pada saat itu langsung membuat positioning sebagai pemerhati dan peminat pendidikan anak usia dini. Ya, tentu saja, mendapat M.Ed di bidang itu dari Monash University tentu menjadi modal berharga.

Dan, saya, positioningnya di mana ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s