Reformasi dan Kesejahteraan

Dalam perspektif ekonomi, reformasi yang merupakan bagian dari pembangunan, tujuan akhirnya adalah kesejahteraan. Sejalan dengan diberlakukannya otonomi daerah, pembagian peran ekonomi negara pun mengalami pergeseran. Jika sebelum otonomi seluruh peran ekonomi negara menjadi tanggungjawab pemerintah pusat, maka setelah otonomi daerah peran ekonomi negara itu terbagi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Visi ekonomi dari otonomi daerah adalah bahwa pemerintah daerah diharuskan mampu menjamin lancarnya kebijakan ekonomi nasional sekaligus mampu mengembangkan perekonomian sesuai dengan potensi yang dimiliki daerah. Dengan demikian peningkatan kesejahteraan masyarakat akan lebih cepat diwujudkan.

Kesejahteraan ini tentu tidak bermakna tanpa dibarengi dengan masyarakat yang sehat dengan segala sistem penjaminannya. Kebijakan desentralisasi sektor kesehatan merupakan strategi penting dalam rangka reformasi manajemen pelayanan kesehatan. Prinsipnya adalah pelayanan publik paling efisien seharusnya diselenggarakan oleh otoritas yang memiliki kontrol geografis paling minimal karena pemerintah lokal paling memahami kebutuhan rakyatnya, lebih responsif, juga akan memicu persaingan positif antar pemerintahan lokal dalam berinovasi memberikan pelayanan yang terbaik.

Suatu hal yang alamiah ketika terjadi perubahan diperlukan waktu untuk adaptasi. Perpindahan kewenangan dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah secara administratif mengharuskan tersedianya sarana dan prasarana yang memadai, juga sumber daya manusia yang berkualitas dan pelaksana pemerintahan yang baik. Iklim usaha yang kondusif melalui berbagai peraturan dan kebijakan yang dibuat dan kemampuan pemerintah daerah dalam menyediakan dana juga penting. Perlu peningkatan kerjasama berbagai pihak, budaya pemerintah yang baik, SDM yang berkualitas agar investasi dapat meningkat. Peran pemerintah daerah yang lebih besar untuk fungsi alokasi, pemerintah pusat berperan lebih besar untuk fungsi distribusi dan stabilisasi, juga berbagai program kesejahteraan yang dibuat berdasarkan karakteristik unik tiap daerah, semoga saja akan terus menggulirkan roda reformasi ini menuju kemakmuran dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.#

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s