Kepemimpinan: Entrepreneurship dan Manajemen Konflik

Dalam konteks pemanfaatan teknologi, maka diperlukan kepemimpinan yang memiliki visi dan semangat entrepreneurship. Model kepemimpinan ini setidaknya bercirikan: (1) memiliki komitmen yang kuat untuk efisiensi dalam menyelesaikan masalah publik sekaligus mampu menekan interes personal, (2) memiliki pemahaman dan apresiasi tinggi terhadap teknologi informasi, dan (3) mampu mengintegrasikan semua urusan publik dalam satu kesatuan sistem. Kepemimpinan entrepreneurship inilah yang diyakini akan berhasil memimpin di era e-government di mana teknologi informasi digunakan secara optimal untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.

Keterampilan penting lainnya yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin adalah manajemen konflik. Adalah kewajiban yang melekat pada diri seorang pemimpin untuk menangani konflik yang ada di masyarakat. Manajemen konflik secara umum diarahkan pada dua hal, yakni membentuk tertib politik atau stabilitas, dan mewujudkan kekuasaan.

Tertib politik atau stabilitas adalah bahwa dengan manajemen konflik diharapkan dapat mewujudkan stabilitas, baik stabilitas konsensual ataupun stabilitas otokratis. Stabilitas konsensual merupakan stabilitas di masyarakat yang tercipta atas dasar konsensus di antara kelompok-kelompok yang bertikai satu sama lain. Sementara stabilitas otokratis mengacu pada terwujudnya stabilitas di masyarakat melalui paksaan, represi dan menyingkirkan kelompok-kelompok yang tidak sepakat dengan kepentingan fihak yang punya otoritas.

Sehubungan dengan perubahan yang pada gilirannya menghadirkan konflik, tidak ada rumusan yang baku tentang peran yang diemban seorang pemimpin. Manajemen konflik yang dilakukan seorang pemimpin memang tergantung pada pola kepemimpinan yang diterapkan sang pemimpin. Namun disamping itu, setting, aktor, penyebab, dinamika konflik juga memberi pengaruh bagaimana manajemen konflik berlangsung. Karenanya tidak berlebihan apabila dinyatakan bahwa diperlukan ‘seni’ tersendiri dalam melakukan manajemen konflik.

Satu pemikiran pada “Kepemimpinan: Entrepreneurship dan Manajemen Konflik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s