Pengantar Herbalogi

Herbal merupakan sekumpulan bahan-bahan yang berasal dari alam baik dalam bentuk nabati, hewani maupun mineral yang dimanfaatkan sebagai obat dan suplemen kesehatan dengan adanya khasiat, ciri dan kandungan yang terdapat di dalamnya. Herbal dapat berupa tanaman, bagian tubuh hewan atau mineral yang didapatkan langsung dari alam.

Herbal dari tanaman dapat diambil semua bagiannya, atau bagian tertentu, misal akar, batang, bunga, buah atau bijinya tergantung pemanfaatan herbal tersebut. Sementara herbal dari hewan bisa merupakan produk utama atau sampingan hewan, atau bagian tertentu dari hewan atau seluruhnya. Sedangkan mineral dari alam berupa logam dan nonlogam seperti garam, pasir, tanah, emas, perak, dsb.

Herbal dalam arti umum adalah bahan bermanfaat yang berasal dari alam yang digunakan untuk tujuan peningkatan kesehatan dan pengobatan tanpa disertai proses yang mengubah sifat alamiah bahan tersebut. Sifat alamiah yang dimaksud adalah jenis dan komposisi kandungan, atau ada tidaknya zat tambahan yang dicampurkan#(Maman Abdul Rohman, Herbalogi Islam)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s