kembali mengenal diri

sekian lama tidak menyentuh bangku belajar, saya kini dihadapkan pada pelajaran kembali. tak tanggung-tanggung, yang kini sedang diilmui adalah ilmu kedokteran, lebih tepatnya thibbunnabawi. banyak hal baru yang saya dapat, selain juga ilmu-ilmu lama yang sekian waktu tidak dibuka.

salah satunya adalah ilmu anatomi dan fisiologi tubuh manusia. subhaanallah, hari ini saya kembali diingatkan akan kenyataan sebetapa hebatnya kuasa cipta Allah SWT, yang telah membuat manusia yang sebegitu rumit strukrur tubuhnya.

saya, tadi melihat sebuah film animasi tentang jantung, yang tergambar begitu tertibnya dengan katup-katup antarbiliknya untuk menghindari tercampurnya darah berkarbondioksida dan darah beroksigen.

ada juga animasi yang menggambarkan bagaimana aliran darah di pembuluh arteri yang lancar, dan pembuluh vena yang memiliki “pintu” untuk menghambat kembalinya darah kotor.

juga, bagaimana digambarkan darah yang kadang tercemar zat-zat toksik, yang kemudian bertumpuk menghambat laju aliran darah pada pembuluh. dan datanglah antioksidan yang menghancurkan oksidan-oksidan toksik tersebut.

banyak bacaan di luar kita, namun ternyata diri ini menyimpan sejumlah besar bacaan yang membawa kita pada satu ungkapan dahsyat: subhaanallah…#

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s