Sejuta Kecamuk Buat Nurul Huda: Guru-guru yang Ikhlas

Sayang sekali kalau Nurul Huda diabaikan apa adanya. Perjuangan awal yang sudah dilakukan Apa (alm) dalam mendirikan madrasah itu, lalu dilanjutkan ‘Mih sampai saat ini, tentu mesti saya lanjutkan. Tentu saja mesti ada upaya-upaya progresif dalam memajukannya: mengidentifikasi kebaikan-kebaikan yang sudah ada untuk dipertahankan, meminimalisasi kelemahan, dengan pengelolaan yang sungguh-sungguh, Nurul Huda akan menjadi sekolah terfavorit bagi masyarakat kawasan Bandung Utara.

Apa saja kebaikan-kebaikan yang sudah ada tersebut? Pertama, tentu saja sumber daya guru yang ikhlas. Saya melihat potensi ini ada pada guru-guru dari dulu sampai kini. Mereka adalah para pejuang pendidikan di Ciwaruga yang rela mengorbankan waktu dan pikirannya, setidaknya dalam setengah hari, untuk mendidik para siswanya. Mereka rela dibayar hanya sebanding dengan uang belanja sabun buat mencuci.

Saya terenyuh suatu saat, saat sekitar ba’da Isya lewat di pangkalan ojeg depan Alfamart, nampak di sana salah seorang tukang ojeg yang tidak bireuk lagi, masih mangkal dengan model motor belangnya. Dialah Pak Juju, sang kepala madrasah di siang hari, namun selepas itu dia tak segan menjadi tukang ojeg. Padahal kalau dia mau, tentu saja mending jadi tukang ojeg full time, daripada repot-repot dengan urusan tetek bengek manajemen sekolah dan birokrasinya yang sesungguhnya sangat melelahkan pikiran.

Begitu pula para guru yang lain, selepas mengajar di madrasah dengan ikhlas, mereka dengan ikhlas pula mencari penghidupan dengan menjahit, berjualan barang-barang kreditan, menjadi ibu RW yang aktif, dan sebagainya.

Sejuta kecamuk berupa doa buat para guru Nurul Huda: semoga Allah melimpahkan hidayah taufik kepada mereka semua, hingga tetap menjalani kehidupan dengan ikhlas, mendapatkan kemudahan dalam segala urusannya, diampuni segala dosa mereka dan mendapatkan kebahagiaan sejati kelak di yaumil-qiyamah. Teriring salam sejahtera buat almarhum Apa di alam barzakh sana… Aammiin.#

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s