"Benar Benar" SBY

Ah, pintar sekali presiden Indonesia ini memainkan kata-kata. Entah bagaimana saya memaknainya, saya kutipkan saja dulu berita dari PR hari ini.

Pers Diminta Utamakan Kebenaran Besar

JAKARTA, (PR).-
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta pers untuk mendahulukan kebenaran besar dibandingkan dengan kebenaran kecil. Hal itu diungkapkan Presiden dalam pidatonya pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2009 di Gedung Tenis Indoor Senayan, Jakarta, Senin (9/2) malam.

“Apabila di suatu daerah konflik seorang wartawan melaporkan fakta apa adanya tanpa ada yang disaring terlebih dahulu namun justru berpotensi membuat daerah itu dilanda konflik lebih hebat lagi, maka wartawan itu memilih kebenaran kecil,” kata Presiden saat memberikan pidato bertema “Pers Demokrasi dan Pemilu”.

Acara puncak Hari Pers itu dihadiri oleh sebagian besar menteri Kabinet Indonesia Bersatu, para tokoh pers nasional, para duta besar, mahasiswa, serta perwakilan pers luar negeri.

Presiden Yudhoyono mengingatkan pers untuk menumbuhkan demokrasi di Indonesia, terutama menjelang Pemilu 2009, sehingga siapa pun yang terpilih sebagai anggota legislatif baru, presiden dan wakil presiden baru, itu merupakan kebenaran kecil. Sedangkan kebenaran besar, kata Presiden, adalah pemilu di Indonesia harus berjalan tertib, aman, dan demokratis demi terpilihnya perangkat negara yang kredibel dan efektif untuk memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Tidak perlu adanya dikotomi benar adalah benar atau benar salah adalah negara saya. Karena benar atau salah negara kita itu, jangan biarkan negara kita itu berbuat salah. Mari kita buat negara kita (menjadi) benar,” kata Presiden.

Pada kesempatan itu, Presiden memberikan apresiasi terhadap media massa yang ikut memajukan demokrasi di Indonesia. Menurut Presiden, idealisme pers harus tetap ditegakkan meskipun persaingan di industri pers cukup tinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s